Jumat, 07 Desember 2012

Cara Chas hape yang benar

Mungkin selama ini anda kurang memperhatikan siklus isi ulang baterai hape anda,
nah ini saatnya ku berbagi sedikit tentang cara ngecas hape yang benar, datanya ku dapatkan dari membaca berbagai artikel dan buku petunjuk penggunaan handphone. Simak ya ^_=

1. Segera Chas saat lowbat
Saat hape udah lowbat (yang ditunjukkan indikator baterai dengan balok merah atau baterai sisa 10%) segeralah chas hape anda, jangan tunggu sampai hape anda shutdown/mati sendiri karena kehabisan baterai karena hal ini akan mempengaruhi umur baterai. Selain itu juga kemungkinan merusak sistem dan komponen hape anda. Contohnya saja anda yang laper, segeralah makan, jangan sampe pingsan karna lapar. XD

2. Cabut bila baterai telah penuh.
Jika sudah penuh, cabutlah pengisi daya. Walaupun hape sekarang udah canggih dan bisa menghentikan overcharging, tetap saja akan ada panas yang terhantar ke hape, apalagi bila menggunakan charger bukan original. Banyak orang yang suka chas pada malam hari-pagi, saat hape tidak digunakan, biar efektif waktu katanya. Mungkin efektif waktu ya, tapi hal ini akan menyebabkan baterai anda cepat kembung dan berkurang umur pakainya. Jadi pertimbangkanlah lagi untuk mengecas dengan cara seperti itu.
Analogi pada manusia, kekenyangan itu juga bukan hal yang baik. Akibat jangka panjang adalah memperburuk penampilan, alias buncit :P

3. Gunakan charger original
Yah, pemalsuan sekarang banyak sekali terjadi yang dilakukan oleh pihak bertanggung jawab.
Charger yang bukan original memang sepertinya tampak tidak bermasalah, tapi umumnya pabrik mereka kurang professional.
Seperti rus daya yang berlebihan atau kurang dari yang ditetapkan produsen hape, hal ini akan memicu kerusakan baterai dan juga komponen pada handphone. Jadi gunakanlah charger asli.

4. Hindari penggunaan saat mengechas
Jangan hidupkan musik, radio, apalagi bermain games saat sedang mengechas. Karena aktivitas seperti itu akan memicu mesin/sistem hape bekerja, saat bekerja akan memproduksi panas.
Begitu juga ngechas, juga akan panas. Nah panas + panas = apa yg terjadi??
Baterai anda akan cepat kembung pastinya, dan bila panas berlebihan kemungkinan komponen hape juga akan rusak.
Kalo bisa matikan hape saat charging, bila tidak dihidupkan juga gak apa-apa. Dan sepertinya sms-an juga masih bisa ditoleransi karena sms tidak memerlukan proses yang berlangsung terus menerus seperti main games dan menghidupkan musik.

Itulah 4 tips cara mengechas hape yang benar. :D
(sumber gambar mobilefun.co.uk)

12 komentar:

  1. Hmmm.. Info yang bermanfaat. keren sekali. Thanks gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan. sama2.. :) thx uda brkunjung

      Hapus
  2. heeemmmmm,,, lw lg d'chas sambil nlpn gmn?? pa bisa ad msalah ma hp yg lg di chas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak disarankan gan, coz nelpon aja hape bisa panas. apalgi sambil chas.. tar cepat kembung baterenya.

      Hapus
  3. smsan jg pake strum bnyk loh, buat nyalain lampu monitor, buat prosesornya hp mengolah text, dan saat ngirim atau terima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya um, tapi prosesnya gk terus berlanjut.

      Hapus
  4. Pengalaman saya, pakai hp se gak ada masalah ngechas sambil dipakai. Bahkan buat online. Yang penting charger+baterainya ori. Dan cepat melembung karena keseringan ngechas saat baterai belum habis, selesai ngechas saat baterai belum penuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah nya gk lgsung muncul gan. bisa aja setelah beberapa bulan, yang ditandai dengan baterai boros.

      Hapus
  5. mksih y..bermanfaat bgt loh..

    BalasHapus

Poskan komentar yang sopan, no p*rn, no sara, nick anonim takkan ditanggapi. thx

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...