Jumat, 14 Desember 2012

Tips Aman Belanja Online

Sekarang ini penipu semakin ramai dan semakin pintar juga mengelabui orang, seperti Penipuan Modus Hape BB Murah. Maka baiknya kita lebih berhati-hati sebelum membeli barang dari dunia maya.

Berikut ini tips aman belanja online :

1. Selidiki online shop tsb
Cari di google tentang online shop. Cari testiomonial pembeli di toko online tsb di forum2, jangan percaya yang ada di fanspage fb atau situs web ol shop tsb, cos bisa aja itu cuma karangan.
Kalo di forum jual beli(fjb) seperti kaskus, lihat reputasi sang penjual.

2. Uji penjualnya dengan ajak COD atau nawarin mau ke tokonya.
Apa itu COD? COD merupakan singkatan dari cost on delivery yang bisa diartikan pembeli dan penjual mengadakan kesepakatan untuk bertemu di suatu tempat dan sama2 mengecek kondisi barang lalu melakukan tranksaksi.
Coba anda tanyakan ke sang penjual apakah ia punya toko(bangunan, bukan online punya), kalo dia punya tanyain alamat lalu tawarin mau ke tokonya atau ajak COD di lokasi terdekat yang memungkinkan (tapi jangan yang jaraknya surabaya-batam ya xD). Kalo dia nolak dengan alasan gak jelas atau gak respon, lebih baik anda batalkan niat membeli darinya.

3. Situs Web yang rapi dan Up-to-Date bukan indikator aman
"Dont judge a book by its cover", jangan menilai isi buku dengan melihat covernya, begitu juga situs ol shop, bisa saja olshop dengan tampilan super ciamik merupakan penipu seperti open-topelekronika. Kecuali situsnya mempunyai sertifikat, dan bisa diakses melalui https.

4. Gunakan logika terhadap penawaran
Ini yang paling penting. Kualitas itu sebanding dengan harganya. Jangan hanya tergiur dengan penawaran super murah dan setumpuk kelebihan lainnya, tapi gunakanlah logika.
Seperti contoh di atas, gak mungkin akan ada BB 8520 garansi resmi 2 tahun dengan harga 990ribu.
Kalo pun ada barangnya kemungkinan :
a. Gak benar garansi 2 tahunnya
b. Bukan produk asli RIM, melainkan produk china
c. Atau barangnya gak ada sama sekali karena Online shop / Penjualnya adalah penipu

Itulah beberapa tips aman belanja online. Ada yang mau tambahkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poskan komentar yang sopan, no p*rn, no sara, nick anonim takkan ditanggapi. thx