Kamis, 24 Januari 2013

Tips Beli Hape China/Lokal

Ragamnya model, mewah fitur dan harga yang terjangkau merupakan senjata utama hape china(lokal). Sehingga banyak yang tertarik dengan hape-hape besutan lokal buatan china.
Tapi yang menjadi kelemahan hape china adalah kualitas ketahanannya.
Banyak hape china yang cepat rusaknya, apalagi yang new brand/merk baru.
Tapi ada juga yang "tahan banting" layaknya hape nokia, ini berlaku untuk merk-merk perintis.
Untuk itu, berikut ini akan aku bahas tips beli hape china. Cekidot!

1. Lihat Merknya
Sebelum membeli, cari tahu merk hape china yang punya daya tahan bagus. Tanyakan di forum online, atau browsing. Atau bisa juga tanyakan kepada teman yang menggunakan hape china. Saranku sih beli merk Nexian. Selain dipercaya sebagai hape yang daya tahan bagus, aksesoris Nexian juga tersedia di pasaran, seperti casing, silikon, chas dll.
Sedangkan merk lain banyak yang tidak tersedia casingnya atau susah cari casingnya.

2. Cek status resmi
Banjirnya hape china, menyelip hape china tanpa izin, dan juga hape china yang menjiplak model blackberry dan nokia secara keselurahan. Nah hape seperti ini adalah barang ilegal, black market.
Membeli barang seperti ini selain salah di kacamata hukum, hape ini juga seringkali merugikan kita.
Kekurangan barang BM : Barang tidak ada garansi, tidak terjamin bagusnya, OS china, dan berbahaya!
Mengapa berbahaya, karena hape seperti ini tidak melalui uji kelayakn dari negara. Uji kelayakan adalah hal yang penting terutama menguji tingkat radiasi(SAR).
Rugi dong hanya karena ingin hape murah, kita juga harus bayar organ tubuh kita kepada radiasi.
Untuk itu saat membeli hape china, pastikan hape itu telah lolos verifikasi negara yang ditandai dengan tempelan kertas berkode "sdppi". Dan juga memberikan garansi (1 tahun umumnya)

3. Perhatikan konstruksi handphone
Harganya murah, akan begitu juga bahan yang digunakan. Jadi sebelum beli, lihat material yang digunakan sebagai casingnya. Adakah terlihat solid atau tipis dan rapuh?
Lebih baik lagi anda mencari hape yang casingnya casing stainless karena lebih tahan lama dan juga lebih melindungi hape terhadap benturan dsb.

4. Pilih jenis sesuai kebutuhan dan penggunaan
Hape china juga gak mau kalah dalam urusan model2 anyar, sebut saja model Iphone (layar sentuh).
Bagi anda yang mempunyai kebiasaan ceroboh, sebaiknya jangan membeli hape china model layar sentuh. Karena hape model ini sangat rentan rusak, apalagi layar sentuhnya yang tidak termasuk dalam garansi.
Pilih saja hape model candybar yang lebih tahan terhadap kecerobohan kita. hhehe..

5. Tes fitur
Hape china kaya akan fitur mulai dari tv, dual sim, kamera resolusi tinggi, Big speaker, dll. Tapi sayangnya seringkali fiturnya tak memuaskan bahkan palsu. Di dus tertulis kamera 2 MP, saat di gunakan ternyata hanya mendapat kualitas vga(0.3 MP). Tertulis suara super, saat dites memang suara super kuat tapi disertai noise/suara yang pecah.
Sama aja bohongkan?
Jadi sebelum membawa pulang membawa pulang, baiknya dites semua fitur.

6.. Cek aksesoris
Lihat jenis baterainya, bentuk konektor chasnya dan juga slot konektornya. Apakah baterai nya nanti ada pengantinya bila rusak. Untuk slot konektor, cari yang minimal 2 konektor, jangan yang 1. Kalau rusak nanti akan ribet jika masa garansi sudah habis. Kalau yang 2, 1 yang rusak kan bisa pake yang 1 lagi. Slot konektor hape china yang pipih dan petak biasanya multifungsi, selain untuk ngechas juga bisa untuk headset.

Happy shopping agan-agan dan agan-aganwati.....
Sumber gambar : kontenhp[dot]com

2 komentar:

  1. gt ya ???

    beliin larr, hehee, cpddd

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia gryn..

      orang tajir kok minta dibelikan... XD

      Hapus

Poskan komentar yang sopan, no p*rn, no sara, nick anonim takkan ditanggapi. thx