Selasa, 02 April 2013

Tips Menghemat Baterai Blackberry

Sebelumnya aku udah pernah post Tips menghemat baterai samsung android, kali ini akan ku berikan beberapa tips menghemat baterai blackberry. Walau secara garis besar sama saja prinsipnya, matikan koneksi gak dipake, atur kecerahan dll. Namun beda gadget/handheld, beda pula sistem operasi, beda juga lagi cara penerapan tips.


Sumber gambar : crackberry

Ok here we go,
Berapa lama baterai bebemu bisa bertahan? 2 hari? 1 hari? atau bahkan cuma 1/2 hari?
Nah yang cuma bisa bertahan setengah hari ini yang mengelisahkan, baru siap chas beberapa jam yang lalu, eh sekarang ko uda lowbat bunyi tit tit tiit minta makan lagi. xD

Aku juga "korban bebe", aku ngerti perasaan kalian juga kok. (lebay.. xD)
Baiklah, Disini kita akan saling berbagi tips untuk mengoptimalisasi bebe kita supaya lebih awet baterenya.

Ok berikut ini cara menghemat baterai blackberry versiku :
Sikat aplikasi gak penting
Game online, aplikasi chatting, aplikasi jejaring sosial. 3 ini merupakan penguras nomor satu.
Pengen eksis, lalu sobal menginstall banyak aplikasi chatting dan jejaring sosial? Tahukah teman-teman aplikasi-aplikasi ini selalu aktif di belakang layar dan terkoneksi ke internet, menguras baterai lho sob. Contohnya bbm punya, install whats up, wechat, line. Padahal gak semua di pake tu. Hapus saja beberapa yg jarang kalian pakai. Ini akan menambah nafas untuk bebemu.
Untuk game online kita tepikan saja, ga mungkin untuk menghapus game kesayangan, sesama gamer aku ngerti kok perasaan gamer. hahaa... Lagipula, game online tidak seperti aplikasi chat yang terkoneksi ke internet terus di belakang layar.
Selain itu hapus juga aplikasi lain yang gak penting dan juga yang jarang kalian buka, karna aplikasi lain kemungkinan ada juga yang bisa berjalan di belakang layar.

Tutup Aplikasi
Setelah selesai menggunakan aplikasi, keluarkan aplikasi dengan memilih close/quit/keluar, bukan dengan memencet tombol merah. Karena bila memencet tombol merah kita akan kembali ke layar awal namun aplikasi akan tetap berjalan yang artinya baterai yang terkuras untuk aplikasi itu.
Dan untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di belakang layar pencet dan tahan tombol blackberry.
Pada os 7.1 armstrong ku ada 5 aplikasi default, yaitu home, messages, phone, browser dan bbm.
Aplikasi default ini bila ditutup akan tetap kembali, jadi biarkan saja.

Atur kecerahan layar dan notifikasi
Kecerahan atur ke titik terendah sesuai kenyamanan. Bebeku sendiri kecerahan hanya 10%, karna memang ku habiskan kebanyakan waktu dalam ruangan. Di luar ruangan, di bawah sinar mentari pun tetap bisa terbaca sih. (barusan kucoba tes diluar buka facebook)
Untuk notifikasi suara, atur juga volumenya sesuai kenyamanan, sampai titik dimana anda bisa mendengar suara peringatan langsung. Sehingga bisa menanggapi notifikasi itu dengan cepat.

Atur ikon aplikasi/fitur
Pindahkan ikon aplikasi/fitur yang sering kamu gunakan ke tempat yang lebih cepat dijangkau.
Atau tandai sebagai favorit. Contohnya opera mini sering kamu gunakan, maka tandai favorit sehingga muncul di panel favorit.
Selain menghemat baterai karena mengurangi memencet bebe, hal ini juga efektif menghemat waktu.

Matikan koneksi yang tidak sedang digunakan
Koneksi Wi-Fi, GPS, bluetooth atau pun koneksi lain yang tidak digunakan sebaiknya di matikan saja.
Selain hemat baterai, juga meringankan kinerja bebe lho.

Itulah cara ku menghemat baterai bebe supaya tahan lebih lama. Gimana dengan sobat? Ayo di share juga...

3 komentar:

  1. mantap pak tipsnya.kalau matiin GPS dan paket WiFi juga bisa menghemat baterai ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia bro. bluetooth juga. klo ga dipake dimatiin. mau pake baru dihidupkan ge.

      Hapus
  2. tapi,kenapa ya kalau BBM aku ON selalu aja panas???

    BalasHapus

Poskan komentar yang sopan, no p*rn, no sara, nick anonim takkan ditanggapi. thx

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...